Negara dengan sistem pendidikan yang menakjubkan

Negara dengan sistem pendidikan yang menakjubkan

Negara dengan sistem pendidikan yang menakjubkan

Negara dengan sistem pendidikan yang menakjubkan,- Pada negara-negara maju, pendidikan adalah akar dari segala persoalan yang mendapat perhatian khusus dari seluruh pihak. Dengan dijadikan sebagai fokus utama, sistem pendidikan mereka diharapkan berjalan dan mencetak hasil seperti yang diharapkan. Untuk itulah, alokasi dana, kualitas perekrutan, serta perawatan fasilitas pada aspek pendidikan, sangat diperhatikan.

Lalu, negara mana saja? Seperti apa? Berikut dasar-dasarnya.

Kanada

Di Kanada, sistem pendidikan merupakan tanggung jawab dari pemerintah pada masing-masing provinsi. Dengan kata lain, terdapat perbedaan sistem pada provinsi-provinsi tersebut. Di Kanada juga tidak diterapkan sistem peringkat resmi untuk intitusi pendidikannya. Akan tetapi, umumnya lembaga-lembaga tersebut bermutu dan standar tinggi.

Swiss

Sistem pendidikan yang dianut Swiss adalah desentralisasi; keputusan-keputusan tentang penyelenggaraan sekolah-sekolah diambil dari tingkat kewilayahan. Selain itu, Swiss tidak mempunyai menteri federal pendidikan. Akan tetapi, sebagian aspek yang terkait pada pendidikan, seperti durasi pembelajaran atau kurikulum, tetap berlaku di seluruh negeri.

Fokus Swiss pada pendidikan mereka adalah; Menjaga standar pendidikan, Mengoordinasikan kebijakan-kebijakan terkait pada penerapannya, dan Menekankan nilai-nilai yang dianggap penting dalam pendidikan.

Selandia Baru

Tingkatan pendidikan di Selandia Baru terbagi menjadi: 1) pendidikan anak usia dini, 2) sekolah menengah, dan 3) pendidikan tinggi. Sistem pendidikan negara ini dirancang dengan tujuan mengembangkan kemampuan orientasi para pelajar. Tujuannya, agar para pengembang bisa fokus pada penajaman kecerdasan karakter mereka.

Belanda

Belanda adalah salah satu negara yang menerapkan sistem kurikulum internasional, atau International Baccalaureate (IB). Dengan ini, para pelajar dapat mengikuti program pendidikan berdasarkan kurikulum dari negara-negara lain. Program-program tersebut telah diakui secara internasional dan membuat pelajarnya memiliki akses ke perguruan tinggi di seluruh dunia.

Britania Raya

Pada setiap negara di Britania Raya, terdapat lima tahapan Pendidikan: 1) pendidikan awal, 2) pendidikan primer, 3) pendidikan sekunder, 4) pendidikan lanjutan, dan 5) perguruan tinggi. Kerangka kerja untuk kurikulum pada negara-negara di Britania Raya dibentuk sebagai National Curriculum (NC). Akan tetapi, sekolah swasta, sekolah gratis, atau homeschool diizinkan untuk mendesain kurikulum sendiri.

Singapura

Sistem pendidikan di Singapura bergerak dengan fleksibel dan bervariasi. Siswa diberikan berbagai pilihan yang bertujuan untuk memenuhi kepentingan dan cara belajar yang berbeda. Tujuan dari penerapannya agar para pelajar memiliki kemampuan yang mereka butuhkan di masa depan, bukan sesuatu yang dipaksakan.