Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, – Minyak zaitun atau olive oil bisa menambah kelembutan dan menguatkan rambut dengan menembus batang rambut dan menjaga kelembabannya.

Kilau yang dikatakan berasal dari minyak zaitun mungkin disebabkan oleh minyak yang menghaluskan kutikula luar rambut.

Masyarakat telah menggunakan minyak zaitun untuk memasak dan sebagai bahan pengobatan ala rumahan selama ribuan tahun. Selain itu, terdapat juga klaim mengenai manfaat minyak zaitun untuk rambut dan tubuh. Minyak zaitun dipercaya dapat membantu mengatasi rambut rontok dan ketombe.

Kandungan kimia utama yang terdapat pada minyak zaitun adalah asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Ini semua adalah emolien, yang artinya memiliki manfaat untuk melembutkan. Bahkan, banyak shampo, kondisioner, dan pomade mengandung emolien versi laboratorium.

Kebanyakan orang menggunakan shampo dan kondisioner untuk perawatan rambut. Para ilmuwan mengelompokkan minyak-minyakan sebagai salah satu dari lima agen pengkondisi yang membantu mengurangi gesekan pada rambut, kerontokan pada rambut, dan meminimalkan rambut kusut.

Sebuah tinjauan studi oleh Department of Dermatology, Azulay Dermatology Institute Brazil menyatakan bahwa minyak dapat memainkan peran penting dalam melindungi rambut dari kerusakan. Ini karena beberapa minyak dapat menembus rambut dan mengurangi jumlah air yang diserap rambut, mengurangi jumlah pembengkakan yang dialami batang rambut.

Jika rambut tidak membengkak terlalu banyak, ia juga tidak akan menyusut, sehingga mengurangi stres yang dialami rambut. Mengurangi stres pada rambut inilah yang juga akan mengurangi kerusakan. Ulasan yang sama menunjukkan bahwa rambut menyerap minyak jenuh dan tak jenuh tunggal lebih baik daripada minyak tak jenuh ganda. Minyak zaitun adalah minyak tak jenuh tunggal.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak-minyakan dapat bermanfaat ketika dioleskan pada rambut. Sebuah studi oleh Textile Research Institute Priceton menemukan bahwa mengoleskan minyak kelapa ke rambut dapat meningkatkan retensi kelembaban rambut lebih dari minyak mineral.

Studi lain, oleh Research and Development Department, Marico Industries Ltd., Mumbai, India membahas efek dari berbagai minyak untuk mencegah kerusakan rambut. Didapati bahwa mengoleskan minyak kelapa ke rambut dapat menghindari kerusakan pada protein rambut.

Cara terbaik untuk merawat rambut Anda adalah dengan memastikan keseimbangan yang tepat dalam menjaga kebersihan, mengonsumsi makanan yang sehat dan menggunakan produk yang tepat.

Minyak zaitun telah dipercaya sebagai solusi rumahan yang bermanfaat dan dapat melakukan beberapa keajaiban untuk kesehatan rambut Anda. Minyak zaitun bertekstur ringan, mengandung multi-vitamin yang tidak hanya dapat digunakan untuk memasak atau merawat kulit, tetapi juga untuk merawat rambut.

Diekstrak dari buah zaitun lembut, yang biasanya tumbuh di wilayah Mediterania, minyak zaitun saat ini makin banyak digunakan di seluruh dunia. Minyak zaitun dipenuhi dengan sifat-sifat yang menguatkan dan meremajakan rambut, minyak zaitun melembabkan rambut Anda dan menjadikannya halus dan bebas ketombe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *