Lebih Bahagia & Baik Bagi Kesehatan Mental, Ini 5 Manfaat Penting dari Me Time

Lebih Bahagia & Baik Bagi Kesehatan Mental, Ini 5 Manfaat Penting dari Me Time

Meluangkan Waktu Sejenak untuk Diri Sendiri itu Perlu, Lho!

Me Time – Sebagai makhluk sosial, manusia gak mampu hidup sendirian alias membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Tapi, deposit s128 via pulsa menjauhkan diri sejenak dari rutinitas sosial itu ternyata diperlukan, lho! Hal ini sering juga disebut dengan me time.

Gak perlu takut dianggap egois, me time itu punya beragam manfaat yang gak hanya berdampak ke diri kamu secara langsung, tapi juga kepada orang-orang di sekelilingmu. Apa saja sih, manfaatnya? Yuk, disimak ulasannya!

1. Bisa memulihkan pikiran, emosi dan mental kamu biar kembali Fresh

1. Bisa memulihkan pikiran emosi dan mental kamu biar kembali Fresh - Lebih Bahagia & Baik Bagi Kesehatan Mental, Ini 5 Manfaat Penting dari Me Time

Kesibukan dan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, bisa membuat kita merasa kelelahan serta stres. Kalau sudah parah, kesehatan mental pun bisa ikut terganggu hingga mengakibatkan dirinya gak optimal lagi dalam melakukan pekerjaannya.

Dengan me time, kamu punya kesempatan untuk memfokuskan kembali pikiran dan emosi pada hal yang penting. Selain lebih rileks secara psikis, kamu pun bisa me-recharge tubuh supaya berenergi. Secara gak langsung, kamu juga merawat kesehatan mental, lho!

2. Membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

2. Membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas - Lebih Bahagia & Baik Bagi Kesehatan Mental, Ini 5 Manfaat Penting dari Me Time

Ketika memutuskan rehat sejenak dari hiruk-pikuk kegiatan sehari-hari, kamu bakal sadar kalau ketenangan yang didapatkan melalui me time, bisa membantu meningkatkan konsentrasi terhadap berbagai macam hal.

Gak cuma itu, ketika sendirian, kamu juga bisa menggali potensi dan kemampuanmu dengan lebih baik karena gak ada banyak interupsi dari pihak luar. Saat kembali ke rutinitas normal, kamu sudah siap untuk menjadi lebih produktif!

Baca juga: Galeri Nasional Ungkap Cara Jaga Koleksi Seni saat Pandemi

3. Melalui me time, kamu bisa belajar memahami diri kamu sendiri dengan lebih baik

3. Melalui me time kamu bisa belajar memahami diri kamu sendiri dengan lebih baik - Lebih Bahagia & Baik Bagi Kesehatan Mental, Ini 5 Manfaat Penting dari Me Time

Gak ada orang lain yang dapat memahamimu lebih baik dari diri sendiri. Ketika keseharianmu dipenuhi dengan aktivitas yang melibatkan banyak orang, kamu bisa lupa akan hal tersebut. Terkadang secara gak sadar, kamu hanya mengikuti arus hingga merasa kebingungan setelahnya.

Cukup luangkan waktu sebentar dengan dirimu sendiri. Me time memberimu kesempatan untuk merefleksikan siapa kamu dan apa yang kamu inginkan. Kamu bisa mengenal dan memahami dirimu lebih dalam melalui me time yang berkualitas.

4. Kemampuan bersosialisasi dan kualitas hubungan dengan orang lain juga bisa semakin membaik, lho!

4. Kemampuan bersosialisasi dan kualitas hubungan dengan orang lain juga bisa semakin membaik lho - Lebih Bahagia & Baik Bagi Kesehatan Mental, Ini 5 Manfaat Penting dari Me Time

Siapa bilang me time menjadikanmu orang yang self-centered? Justru sebaliknya, me time bisa mengubah cara pandang dan pemikiranmu mengenai pentingnya bersosialisasi dan menjaga hubungan dengan orang lain.

Meluangkan sedikit waktu untuk diri sendiri itu gak salah. Tapi kalau terlalu lama, yang ada kamu malah merasa kosong atau kesepian karena kurangnya interaksi dengan orang lain.

Melalui ini, kamu justru bisa semakin menghargai segala bentuk hubungan yang dipunya dengan orang lain. Kemampuan bersosialisasimu pun bisa jadi meningkat juga.

5. Bisa memberi ide atau solusi untuk mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi

Rasa tenang yang kamu dapatkan saat me5. Bisa memberi ide atau solusi untuk mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi - Lebih Bahagia & Baik Bagi Kesehatan Mental, Ini 5 Manfaat Penting dari Me Timenyendiri, bisa membantu kamu untuk berpikir lebih jernih dalam menghadapi suatu masalah. Kamu pun jadi lebih leluasa memikirkan opsi penyelesaian beserta dengan risikonya.

Meminta pendapat orang lain, tentu gak salah. Tapi, terkadang kamu juga harus percaya dengan intuisi yang kamu miliki.

Selama me time, bukan gak mungkin kamu bakal mendapat insight baru karena bisa menganalisis situasi dan kondisi dengan lebih baik. Itulah mengapa, ide dan solusi yang efektif bisa saja muncul ketika kamu sedang sendirian.

Itulah kelima manfaat yang bisa kamu dapatkan dari me time. Selama kamu gak melalaikan tanggung jawab, meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri itu gak salah. Bahkan, ini bisa membuatmu jadi orang yang lebih bahagia dan sehat secara mental. Semoga bermanfaat!

Sumber: Idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *