Ini Tanda Kamu Sudah ‘Ketagihan’ dengan Penderitaan, Jangan Pernah Mau!

Ini Tanda Kamu Sudah 'Ketagihan' dengan Penderitaan, Jangan Pernah Mau!

Segera sadari sebelum penderitaan semakin menjadi-jadi

Ketagihan dengan Penderitaan – Siapa sih yang suka dengan penderitaan? Kalau hal ini ditanyakan padamu, secara spontan kamu pasti menjawab tidak suka, ‘kan? Namun, pada kenyataannya mungkin saja ada orang yang ‘suka’ atau bahkan ‘ketagihan’ dengan penderitaan.

Lho, bagaimana mungkin hal ini terjadi? Nah, sebenarnya nih bukan perasaan suka atau ketagihan yang muncul melainkan tindakan orang tersebut yang seolah-olah ia menikmati penderitaan tersebut. Jadi  daftar s128 pulsa daripada tambah bingung dan penasaran, sebaiknya kita simak dulu ulasan berikut.

1. Kamu tetap mempertahankan perasaan benci, padahal kamu sudah merasakan dampak buruknya

Sebenarnya saat kita membenci orang lain atau hal tertentu juga membutuhkan energi yang cukup besar, lho. Untuk membuktikan hal ini, coba deh ingat-ingat lagi perasaanmu saat sedang membenci. Bagaimana rasanya? kemungkinan besar akan muncul perasaan tidak nyaman yang seolah-olah sedang menyedot energimu.

Baik fisik dan mental juga akan ikut merasakan dampak buruknya, terlebih jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Jadi, sebaiknya jangan pernah mempertahankan perasaan benci, terlebih kalau kamu sudah merasakan dampak buruknya. Mungkin tidak akan mudah pada awalnya, tapi yakinlah kalau kamu bisa mengatasi hal ini dengan baik.

2. Mengeluh membuat perasaan tak nyaman, tapi kamu terus melakukannya

Hidup yang mudah akan terasa sulit saat seseorang membiasakan diri untuk mengeluh. Hidup yang dianggap sulit juga akan semakin bertambah sulit saat seseorang membiasakan diri untuk mengeluh. Ya, mengeluh akan menimbulkan perasaan yang tak nyaman meski kamu mungkin tidak menyadarinya.

Inilah hal yang perlu segera disadari agar tidak menjadi penderitaan yang ‘dinikmati’. Pada umumnya, hampir semua orang tahu kalau kebiasaan mengeluh bukanlah kebiasaan yang positif. Ya, godaan untuk mengeluh seringkali tak tertahankan saat situasi tidak sesuai harapan. Namun jangan khawatir, kamu bisa mengubahnya kok asal dibarengi dengan tekad yang kuat.

3. Membiarkan diri terus merasa terpuruk saat ada keinginan yang tak tercapai

Perasaan kecewa yang muncul saat ada keinginan hati yang tak tercapai merupakan hal yang wajar dan manusiawi. Namun, perasaan kecewa tersebut akan menjadi tidak wajar saat kita membiarkan perasaan tersebut menguasai dan memengaruhi diri kita secara negatif.

Baca juga: Beasiswa di Sydney Australia

Tidak seharusnya perasaan kecewa tersebut dipelihara dan membuat diri kita merasa terpuruk. Sebab, perlu disadari bahwa keinginan yang ingin kita wujudkan pun belum tentu merupakan kebutuhan penting yang baik dan bermanfaat. Cobalah untuk memandang sisi positif dari keinginan yang tidak tercapai tersebut. Renungkan dan syukuri hal tersebut agar perasaan pun menjadi lebih tenang dan damai.

4. Membiarkan ucapan buruk orang lain mengganggu kebahagiaanmu

Banyak orang yang berkata kalau ia ingin bahagia, lantas kenapa ia sering membiarkan dirinya menderita karena ucapan buruk orang lain? Penting untuk disadari kalau kita tidak dapat mengontrol ucapan orang lain terhadap diri kita, namun kita punya kendali penuh untuk mengontrol hal-hal yang hendak kita ucapkan.

Jangan hiraukan ucapan buruk orang lain yang tidak bermanfaat. Jangan biarkan kebahagiaanmu terganggu dengan ucapan orang lain yang belum tentu benar. Justru yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengarahkan fokus pada hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi perkembangan diri. Setuju?

5. Terus mencari pembenaran daripada berusaha menyelesaikan masalah

Masalah memang sering menimbulkan penderitaan yang tak pernah diinginkan. Namun, mengapa sepertinya masih ada orang-orang di luar sana yang membiarkan dirinya terus menderita bersama dengan masalah yang ia alami?

Masalah yang ada memang perlu diselesaikan dan bukan untuk dihindari dengan cara mencari pembenaran yang tak berkesudahan. Ingat, kamu juga berhak untuk bahagia dengan cara yang lebih baik dan positif. Jadi, ambillah pelajaran penting dari masalah tersebut dan fokus untuk menyelesaikan masalah yang ada sesuai dengan kemampuanmu.

Jadi, semua tanda di atas sebenarnya bertujuan untuk mengingatkan diri kita masing-masing tentang betapa seringnya kita merasakan penderitaan akibat hal-hal yang kita lakukan sendiri. Jadi setelah mengetahui tanda-tanda di atas, semoga kesadaran dan kebijaksanaanmu semakin bertambah agar mampu menyikapi dengan baik hal-hal yang terjadi dalam hidup. Semoga bermanfaat!

sumber: Idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *