Hidangan Ikonik Bali

Hidangan Ikonik Bali

Ayam Betutu Sajian Ritual hingga Jadi Hidangan Ikonik Bali

Ayam Betutu Sajian Ritual hingga Jadi Hidangan Ikonik Bali – Bertandang ke Bali Anda tak mungkin melewatkan masakan satu ini yakni ayam betutu. Sebenarnya tak hanya ayam, bebek pun bisa dimasak jadi betutu. Tak hanya terkenal di Bali, menu ini pun sudah melanglang buana ke berbagai daerah di Indonesia. Ayam betutu pun jadi menu wajib wisatawan saat berkunjung ke Bali.

Kata ‘betutu’ berasal dari kata ‘tunu’ yang berarti bakar dan kata ‘be’ yang berarti daging. Secara harfiah, betutu artinya daging yang dibakar. Ayam atau bebek utuh dilumuri dengan bumbu khas Bali yang disebut dengan base genep.

Fadly menyebut ayam betutu awalnya hanya berlaku di praktik ritual atau upacara adat. Ayam betutu memang disajikan di rangkaian upacara odalan, otonan maupun perkawinan. Namun kini hidangan Daftar IDNPlay 88 sudah bertengger di meja-meja warung makan hingga restoran.

Untuk Anda yang ingin diet, kentang bisa dipakai untuk mengganti nasi. Dibanding diolah dengan aneka santan atau cabai, kentang lebih baik dipanggang. Dia menilai, ayam betutu sangat mampu beradaptasi dan bersaing dengan kuliner kekinian. Ini juga berkat kemasan dan penyesuaian dengan kebutuhan.

Momen stay at home atau di rumah saja bisa jadi sarana Anda untuk menurunkan berat badan dan juga mengurangi porsi makan. Salah satu caranya adalah dengan makan makan bersama keluarga.

Momen stay at home atau di rumah saja

Tim peneliti dari Universitas Tokyo menemukan, orang cenderung makan lebih sedikit porsi makanan saat bersama seseorang ketimbang sendirian, tapi frekuensi makannya jadi sering.

“Secara tradisional, daging ayam atau bebek dilapisi daun pinang, disekam di dalam tanah, (di atasnya diberi batu) panas, 8-10 jam. Seiring perkembangan zaman, sebagian tidak memakai teknik tradisional.

Sekarang ada alat presto yang bisa memproses kematangan daging hanya 5 jam,” jelas Fadly dalam video unggahan Televisi Edukasi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Akan tetapi, tak jarang yang masih mempertahankan teknik tradisional. Menurutnya, perpaduan teknik asli dan bumbu khas yang masih dipertahankan jadi ciri eksotisme tersendiri.

Tiap daerah atau kabupaten di Bali memiliki gaya masak sendiri. Namun yang terkenal adalah ayam betutu dari Gilimanuk. Fadly Rahman, sejarahwan dengan pengutamaan studi sejarah makanan, berkata ayam betutu sebetulnya sangat lekat dengan wilayah Gianyar, Ubud. Kemudian berkembang ke Gilimanuk dan sudah jadi ikon kuliner khas Bali.

Bumbu umumnya terdiri dari, bawang merah, terasi, cabai rawit, daun limau, daun salam, minyak kelapa, kunyit, lengkuas, jahe, serai, gula merah, kencur, kemiri, dan bawang putih. Setelah dilumuri, daging pun siap dibakar atau direbus hingga wangi.

Selain itu juga terdapat bumbu wewangenan seperti, merica hitam, cengkih, merica putih, tabia bun, ketumbar, kemiri, pala, kemenyan, jangu, bangle, dan kulit jeruk purut. Bumbu pun dimasukkan ke dalam rongga abdomen ayam atau bebek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *