Edukasi Pembuatan Masker

Edukasi Pembuatan Masker

Edukasi Pembuatan Masker

Edukasi Pembuatan Masker  – Dalam rangka melaksanakan kegiatan KKN UNS di tengah kondisi pandemi Covid-19, maka dilaksanakan program kerja KKN UNS era Covid-19. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Era Covid-19 Universitas Sebelas Maret (KKN Era Covid UNS) melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tempat tinggal masing-masing.

Yuhandhina Thaliskaningsany NIM F0317115 mahasiswi Universitas Sebelas Maret bersama dengan dosen pembimbing lapangan Prof. Ir. Dr. Sudibya, M.S. melakukan serangkaian kegiatan KKN era Covid UNS pada Juni 2020 hingga Juli 2020 yang dilakukan di Desa Kebonagung Rt 03/01, Selopampang, Temanggung, Jawa Tengah.

Saat kegiatan edukasi pembuatan masker, masyarakat sangat antusias dengan materi yang diberikan. Mereka ingin mempraktikkan sendiri di rumah untuk menambah persediaan masker keluarga mereka. Edukasi ini dengan mempertontonkan video yang sudah dibuat dan ada beberapa yang praktik langsung.

Pembuatan masker ini perlu menyiapkan alat dan bahan yaitu: Bahan (Kain, Tali, dan Benang) dan Alat (Mesin Jahit, Gunting, Penggaris, Pensil, dan Jarum Pentul).

Tips: bahan kain boleh menggunakan jenis bahan kain apa saja (kecuali jeans) asalkan tidak terlalu tipis, sehingga dapat menyaring udara yang masuk. Jangan terlalu tebal juga kainnya agar kita tidak engap saat memakainya. Untuk talinya, apabila ingin membuat model hijab harus menyiapkan tali ± 30 cm. Siapkan 2 tali.

whatsapp image 2020 07 22 at 14 41 40 5f17ff55097f360678648be3 - Edukasi Pembuatan Masker

Langkah-langkah dalam membuat masker hijab yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan kain untuk masker ukuran 20cm x 20cm.
  2. Siapkan juga kain untuk tepian dengan ukuran 4cm x 12cm sebanyak 2 buah.
  3. Bentuk lipatan dengan lebar ± 1cm dan diberi jarum pentul agar tidak lepas. Lakukan sebanyak 3 kali.
  4. Kemudian jahit tepian masker secara keseluruhan.
  5. Pasang ujung tali pada ujung masker dan ditutup dengan kain untuk tepian masker. Jangan lupa diberi jarum pentul agar tidak mudah lepas. Lakukan pada ujung masker lainnya. Pemasangan tali dilakukan pada sisi kanan dan kiri masker. Jangan lupa untuk talinya dibuat saling berkaitan. Lalu dijahit.
  6. Sisa tepian kain dilipat kedalam dan dijahit kembali. Lakukan pada kedua sisi masker.
  7. Hasil dari pemasangan kain tepian yang sudah selesai.

Dengan adanya pemberian edukasi mengenai pembuatan masker ini kepada warga masyarakat Rt 03 Desa Kebonagung, diharapkan masyarakat bisa membuat sendiri di rumah dan selalu menggunakan masker saat keluar rumah.