Cara Menyaring Komentar Negatif

Cara Menyaring Komentar Negatif

Cara Menyaring Komentar Negatif

Cara Menyaring Komentar Negatif – Komentar negatif dari orang lain, entah itu kritik pedas, sindiran, sinisme, candaan yang tak lucu, dan ucapan apapun yang berpotensi menyinggung, pasti memicu Anda untuk segera menanggapinya. Namun, bagaimana caranya menanggapi cepat dengan bijak, itu yang sulit.

Kenyataannya, sebagian besar orang lebih sering membalas langsung dengan mengatakan sesuatu yang buruk atau terasa tidak pas. Lalu, merasa menyesal. Sebab, balasan yang tepat kerap tidak terpikirkan sampai suatu momen terlewat, dan baru terbersit di lain tempat, lain waktu.

Filsuf Prancis, Denis Diderot, sejak lama menganggap sikap tersebut dengan wajar. Ia mengistilahkannya sebagai l’esprit de l’escalier yang berarti tangga kecerdasan atau tangga pemikiran.

Istilah ini diperkenalkan Diderot berdasar pengalaman “terlambat”-nya dalam menemukan tanggapan bijak dari suatu argumen, ketika ia baru menemukan jawaban yang pas setelah mencapai kesadaran yang stabil.

Memang, menanggapi suatu komentar dengan tepat butuh waktu dan pemikiran jernih. Kita semua tahu bahwa lamanya berpikir sebelum bicara akan menentukan baik buruknya hal yang terucapkan.

Apapun yang kita lakukan sehari-hari, tentu gak bisa lepas dari tanggapan dan komentar yang diberikan oleh orang lain. Yang bikin sakit hati adalah mereka yang memberikan komentar negatif tanpa benar-benar berusaha mengerti posisi kita. Belum lagi, fakta bahwa mereka sama sekali gak peduli pada sanggahan kita akan anggapan sepihak yang mereka berikan tersebut.

Makanya, alih-alih menyanggah dan membalas komentar tersebut dengan berbagai alasan, lebih baik jika kita memiliki kemampuan untuk menyaring komentar negatif yang datang dan hanya mengambil yang positifnya saja.

Komentar negatif tidak berbentuk saran

Untuk bisa menyaring komentar negatif, tentu kita harus bisa membedakan. Perlu banget diingat bahwa sesuatu yang negatif seperti ini biasanya gak berupa saran. Bentuknya seringkali datang dengan hujatan atau sekadar komentar menyakitkan yang bersifat menjatuhkan kita.

Komentar negatif cenderung membuat kamu merasa ingin menyerah

Bahaya dari komentar negatif adalah efeknya yang kemudian membuat kita merasa ingin menyerah. Misal, ketika kita sedang berjuang meraih impian, akan ada beberapa orang yang datang dengan dalih memberikan pendapat, namun berujung dengan mematikan impian-impian kita. Duh, wajib waspada lo dengan hal-hal semacam ini.

Komentar negatif sangat tidak berdasar dan hanya dilihat dari satu sudut pandang

Yang namanya memberikan komentar negatif, biasanya sih pelakunya gak pernah melihat alasan kita melakukan suatu hal atau memilih suatu keputusan tertentu. Mereka hanya melihat hal itu dari sudut pandangnya sendiri dan bahkan cenderung mencari-cari sisi negatifnya saja. Tanpa mempertimbangkan bagaimana perasaan kita, mereka memberikan kritik yang sama sekali tidak membantu.

Gak semua komentar negatif disampaikan dengan nada yang kasar

Jangan salah mengira bahwa komentar negatif selalu datang dengan nada yang kasar berupa umpatan. Banyak juga lo yang justru terdengar manis dan baik-baik namun maknanya sangat menyakitkan hati. Komentar seperti ini sangat berbahaya jika terlalu kamu masukkan ke dalam hati.