Cara Membantu Perkembangan Visual Bayi Usia 9 Hari

Cara Membantu Perkembangan Visual Bayi Usia 9 Hari

Cara Membantu Perkembangan Visual Bayi Usia 9 Hari

Cara Membantu Perkembangan Visual Bayi Usia 9 Hari, – Apakah Parents merasa si kecil terus menatap ke arah kamu? Apalagi jika dia mendengar suara bunda atau ayah memanggil namanya. Ini merupakan salah satu bagian dari perkembangan visual bayi.

Bayi berusia 9 hari biasanya gerakan fisiknya masih minim, kegiatannya pun mungkin hanya tidur, bangun untuk menyusu, lalu pup atau pipis. Tapi, parents mungkin akan melihat sesuatu yang berbeda pada si kecil saat dia berusia 9 hari, yaitu dia menatap ke arah bunda dan ayah saat diajak berbicara.

Bagaimana bisa? Apakah bayi usia 9 hari sudah bisa melihat dengan jelas? Atau mengenali kedua orangtuanya pada usia seminggu lebih ini?

Perkembangan visual bayi bisa distimulasi dengan benda dan orang di sekitarnya

Perkembangan visual si kecil akan sangat terbaru dengan kegiatan menatap dan mengobservasi gerakan di sekitarnya.

Sebuah penelitian menunjukkan, adanya pengaruh dari organ visual di mata bayi terhadap perkembangan penglihatan si kecil. Terutama pada selubung mielin pada jalur visual bayi dan jumlah sinapsis pada matanya.

Perkembangan sel-sel makula pada bayi akan selesai ketika ia berumur 4 bulan, dan pertumbuhan selubung mielin serta sinapsis akan dipengaruhi oleh stimuli eksternal yang diterima bayi sejak ia lahir. Pertumbuhan sel ini akan mengalami penyesuaian dan perubahan saat bayi mendapatkan pengalaman visual yang berbeda.

Pentingnya perkembangan visual bayi di usia 9 hari

Perkembangan visual bayi di seminggu pertama setelah lahir sangatlah penting. Di usia 9 hari, visualnya akan berkembang saat dia merespon cahaya, bentuk, warna dan gerakan. Tanpa adanya sangsangan pada visual bayi di minggu-minggu pertama kelahirannya, penglihatannya tidak akan berkembang dengan sempurna.

Masalah penglihatan yang tidak berkembang dengan optimal pada bayi, bisa berpengaruh pada perkembangan otak hingga membuat tumbuh kembang si kecil menjadi lebih lamban dari pada anak seusianya. Oleh sebab itulah, Parents perlu merangsang sistem penglihatannya sedini mungkin. Bahkan, sejak usianya 9 hari.

Dukung perkembangan visual bayi kamu dengan memberikannya rangsangan yang tepat

Kemampuan visual bayi berusia 9 hari belum berkembang, sehingga membatasi ketertarikannya secara insting untuk melihat sesuatu. Sudah menjadi tugas Parents untuk melatih si kecil mengembangkan kemampuan penglihatannya dengan pengalaman visual yang baik.

Anda bisa melakukannya dengan cara menempatkan objek berwarna-warni di sekitar mereka, sehingga si kecil lebih tertarik untuk menggunakan indera penglihatannya lebih sering.