Cara Bayi Umur 1 Bulan Dilatih Tidur Sendiri

Cara Bayi Umur 1 Bulan Dilatih Tidur Sendiri

Cara Bayi Umur 1 Bulan Dilatih Tidur Sendiri

Cara Bayi Umur 1 Bulan Dilatih Tidur Sendiri, – Biar bagaimanapun, penting bagi Anda untk melatih kemandirian si kecil dengan melatihnya tidur sendiri serta memastikan kualitas tidur bayi terpenuhi dengan baik.

Sebab, kualitas tidur yang baik akan membantu perkembangan otak anak. Dimana saat anak memasuki fase tidur yang dalam atau deep sleep, hormon pertumbuhan akan berkembang. Jadi, bisa dibayangkan bukan jika bayi terus-terusan rewel dan sulit tidur?

Saat digendong sudah tertidur pulas, namun saat dipindahkan ke tempat tidur justru membuatnya terbangun? Yuk, cari tahu bagaimana cara melatih bayi tidur sendiri.

Cara Melatih Bayi Tidur Sendiri

Tidak sedikit Orangtua yang bertanya-tanya, apa yang perlu dilakukan agar bayi bisa tidur pulas? Tidak mudah terbangun dan mencari tahu apakah bayi bisa dilatih untuk bisa tidur sendiri. Jawabannya tentu saja bisa. Berikut beberapa kunci atau langkah utama yang perlu dilakukan. Apa saja?

Pahami adanya moro Reflex pada anak

Sudah menjadi rahasia umum kalau bayi yang baru lahir peka dan sensitif, sehingga gerakan badan sekecil apapun dapat menggangu tidurnya. Ternyata hal ini berkaitan dengan moro reflex.

Moro reflex biasanya disebut dengan “reflex mengejutkan”. Nyatanya, ketika bayi terbangun karena ada gangguan kecil, kondisi ini juga berkaita nreflex yang satu ini.

Maka tidak mengherankan jika saat mengembalikan bayi pada tempat tidurnya dapat memicu relfeks tersebut. Cirinya, bayi akan bereaksi dengan melambaikan tangan, menggerakan jari-jarinya, mendongakkan kepalanya ke belakang, dan meluruskan kakinya.

Disiplin

Salah satu kunci yang perlu diperhatikan adalah disiplin. Bagaimana Orangtua bisa disiplin, dimulai dengan memiliki jam tidur anak. Tanpa disadari, karena si kecil pada dasarnya bisa belajar mengenali pola tidur yang baik sejak kecil.

Jika si kecil kemudian terbangun menangis saat diletakan di kasur atau boks bayi, para pakar menyarakan untuk tetap membiarkan anak menangis. Orangtua hanya perlu menenangkan si kecil dengan cara membelainya.

Tidak perlu kembali digendong untuk membuatnya kembali nyaman. Hal ini justru bisa ‘direkam’ dan diingat, sehingga bayi terbiasa dan akan mengulang pola tersebut.

Bentuk Rutinitas Jam Tidur Sedini Mungkin

Tidur yang berkualitas kaan membantu tumbuh kembang anak semakin maksimal, khususnya untuk perkembangan kognitifnya. Untuk itu, pastikan kebutuh tidur si kecil terpenuhi dengan baik, bisa memasuki tahapan tidur yang dalam tanpa banyak gangguan.

Keinginan ini bisa terpenuhi jika orangtua membentuk rutinitas jam tidur yang baik sedini mungkin. Jika membentuk pola dan kebiasaan tidurnya tidak dilakukan sejak dini, dikhawatirkan akan sulit kebiasaan ini.

Melatih Si Kecil Tidur Sendiri Sebelum Larut Malam

1. Ciptakan Suasana yang Nyaman dan Tenang

Sebelum si kecil tertidur pulas, coba perhatikan apakah bayi sudah cukup tenang? Memberikan ketenangan di sini juga tak hanya sebatas memerhatikan kondisi ruangan agar tidak bising dan memiliki suhu yang pas. Selain itu, pastikan jika menjelang tidur, bayi juga tidak dalam kondisi lapar.

Jika beberapa faktor di atas sudah terpenuhi, maka orangtua mulai bisa membantu si kecil tidur dengan cara menggendongnya. Tapi bukan berarti menggendong setiap saat ya.

Orangtua bisa sandarkan si kecil di automatic rocker atau kursi bayi. Jika si kecil terjaga dan menangis, jangan lupa untuk memberikan motivasi dengan mengucapkan kalimat yang menenangkan.

2. Boneka Sebagai Teman Tidur

Membantu si kecil tidur pulas, Orangtua bisa memanfaatkan boneka yang bisa menjadi teman tidurnya. Namun, pastikan boneka yang dipilih aman untuk digigit-gigit dan tidak akan mengganggu pernapasannya.

***

Bagaimana, Beberapa langkah untuk membantu si kecil bisa tertidur dengan pulas hingga perkembangan otaknya maksimal tidak sulit untuk dilakukan, bukan? Jika orangtua memiliki metode lain untuk membantu tidur si kecil berkualitas, jangan lupa untuk berbagi tips ya!