5 Rekomendasi Tanaman Berdaun Hitam yang Indah nan Eksotis Dipelihara

5 Rekomendasi Tanaman Berdaun Hitam yang Indah nan Eksotis Dipelihara

5 Rekomendasi Tanaman Berdaun Hitam yang Indah nan Eksotis Dipelihara

5 Rekomendasi Tanaman Berdaun Hitam yang Indah nan Eksotis Dipelihara – Kamu mungkin pernah melihat tanaman berdaun hitam di sekitarmu. Namun, apakah kamu sudah mengenalnya lebih dalam.

Jika kamu tertarik merawatnya, Melansir dari https://hoke-raeford.com/ akan merekomendasikan beberapa tanaman berdaun hitam yang bisa dipilih. Berikut beberapa pilihan tanaman berdaun hitam yang bisa jadi referensi untuk koleksi tanaman hiasmu.

1. Black Magic

Black magic atau bernama ilmiah Colocasia esculenta, juga terkenal sebagai tanaman Taro atau Kuping Gajah. Tanaman ini berasal dari area tropis dan tergolong tanaman yang mengandung racun. Ia tumbuh subur pada tempat bersuhu hangat dengan cahaya cukup.

Jika kamu menemukan daunnya mengelupas, setelah beberapa minggu ia akan tumbuh kembali jika kamu berikan air yang cukup. Black Magic dengan daun berbentuk hati ini, dapat tumbuh subur pada musim dingin maupun kering.

2. Black Mondo Grass

Black Mondo Grass atau tanaman Rumput Hitam, merupakan tanaman berbentuk panjang yang tumbuh bergerombol dengan daunnya yang berwarna hitam. Jika kamu ingin memperindah permukaan tanah secara dramatis, tanaman ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Rekomendasi dataran dan kondisi tempat tumbuh Black Mondo Grass, ada pada dataran rendah beriklim panas dengan suhu sekitar 30-35 derajat Celcius. Pastikan kamu meletakkannya pada tempat yang memperoleh sinar matahari cukup.

Apabila ingin menempatkannya dalam pot, rekomendasi pot adalah yang berukuran 20-30 cm. Jangan lupa, tanahnya humus atau kompos serta intensitas penyiramannya dua kali sehari.

3. Alocasia Polly

Alocasia Polly punya bentuk daun yang meruncing dengan warna hijau gelap kombinasi bintik putih. Meletakkan tanaman ini bisa dalam ruangan maupun luar ruangan.

Masih serumpun dengan tanaman Sri Rejeki, Anthurium, dan Kuping Gajah, Alocasia Polly telah uji penelitian oleh NASA. Ia mampu menghilangkan racun dalam udara seperti benzene, toluene, xylene, trichloroethlene, ammonia, dan formaldehyde.

Alocasia dapat tumbuh hingga 8-10 kaki serta tumbuh subur pada tempat bercahaya medium dan tanah yang terhidrasi dengan cukup. Jika kamu akan menempatkannya dalam ruangan, letakkan Alocasia pada kamar mandi atau dapur karena tingkat humiditasnya pas.

4. Echeveria ‘Black Prince Succulent’

Echeveria atau Sukulen Hitam memiliki warna hijau gelap hingga cokelat dan dapat tumbuh dengan baik pada suhu dalam ruangan. Sukulen tidak terlalu membutuhkan air dan bisa tumbuh dengan tinggi hingga 15 cm dan lebar 21 cm.

Kamu juga bisa meletakkan Echeveria pada jendela dengan dengan durasi cahaya masuk sekitar 5-6 jam sehari. Semakin terpenuhi cahaya yang masuk, maka sukulen akan menghasilkan warna hitam yang menawan dengan perpaduan warna ungu.

5. Philodendron ‘Black Cardinal’

Black Cardinal tumbuh dengan daun berwarna hijau kehitaman dengan efek glossy. Tanaman ini bisa tumbuh hingga tinggi 50 cm pada iklim subtropis dengan temperatur hangat. Tanaman ini membutuhkan  campuran tanah humus yang cukup air.

Tanam yang masuk dalam kategori Philodendron ini, membutuhkan cahaya yang cukup dan akan tumbuh lebih baik jika meletakkannya dalam ruangan. Black Cardinal juga membutuhkan cahaya pada kisaran waktu pagi menuju matahari siang.