5 Realitas Kehidupan yang Harus Kamu Hadapi Setelah Lulus Kuliah

5 Realitas Kehidupan yang Harus Kamu Hadapi Setelah Lulus Kuliah

5 Realitas Kehidupan yang Harus Kamu Hadapi Setelah Lulus Kuliah

5 Realitas Kehidupan yang Harus Kamu Hadapi Setelah Lulus Kuliah – Setelah lulus kuliah kalian mau ngapain nih kerja, lanjut studi S2, atau nikah. Setiap orang pasti memiliki pilihan hidup dan targetnya masing-masing bukan. Tapi kamu tahu nggak sih lulus kuliah bukanlah akhir dari perjalanan lho, justru di masa inilah kamu akan dihadapkan oleh realitas kehidupan yang sebenarnya.

Mulai dari euforia saat wisuda, perjuangan dalam mencari pekerjaan, dihadapkan berbagai macam penolakan, dan realitas yang lain. Hal itu tak bisa dihindari kehidupan pasca kampus memang jauh lebih berat dan memiliki tanggung jawab yang besar. Maka buat kamu yang masih kuliah, ini 5 realitas yang bakal kamu hadapi setelah lulus nanti.

1. Kamu jadi sadar wisuda kelulusan hanyalah selebrasi sesaat

Wisuda kelulusan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu, perjuanganmu selama kuliah 4 tahun akhirnya terbayar dengan lulus tepat waktu. Semua orang akan bangga padamu, semua teman akan mengucapkan selamat pada hari spesialmu, tapi kamu tahu tidak nyatanya wisuda kelulusan adalah euforia sesaat.

Melansir dari http://dewitogel.live/ Setelah lulus kamu akan menghadapi banyak hal, maka dari itu segera buka kembali pikiran, susun target pekerjaan yang akan kamu lamar, persiapkan CV lamaran terbaik, dan kuatkan mental bahwa ke depan sana akan banyak tantangan yang menunggu. Pada masa inilah perjuangan yang paling berat.

2. Akan dihadapkan oleh berbagai macam penolakan

Tidk dapat memungkiri perjuangan dalam mencari kerja akan menghadapi berbagai macam penolakan. Hal itu bukanlah tanpa sebab pasalnya fresh graduate harus bersaing dengan pelamar lain yang sudah memiliki banyak pengalaman. Menghadapi berbagai penolakan inilah yang membuat fresh graduate rentan putus asa dan cepat menyerah.

Oleh karena itu mumpung masih kuliah kembangkan skill yang kamu miliki, perbanyak relasi dengan temanmu yang lain, ikut berbagai internship, sehingga setelah lulus nanti kamu lebih siap menghadapi dunia kerja.

3. Mendapat pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion

Jika ada pertanyaan setelah lulus kuliah ingin kerja apa, pasti jawabannya ingin bekerja sesuai dengan passion hingga bisa bekerja dalam perusahaan besar dan ternama. Namun ternyata mencari pekerjaan tidaklah mudah kita harus bersaing dengan pelamar kerja yang lain, alhasil sekali pun dapat pekerjaan itu tidak sesuai dengan jurusan kuliah dan passionmu selama ini. Tapi tidak apa-apa jalani saja dulu, mungkin hal tersebut sebagai pengalaman untuk bekal pekerjaanmu pada masa depan nantinya.

4. Mulai datang berbagai macam tuntutan dari orang terdekatmu

Setelah lulus kuliah dan memasuki dunia kerja orang-orang terdekat mulai menuntut dan berharap banyak hal padamu. Kamu menjadi harapan dan tumpuan orangtua apalagi jika kamu anak pertama yang memiliki tanggung jawab lebih besar.

Maka nggak heran setelah lulus mereka berharap kamu segera memiliki pekerjaan yang layak, bisa membantu perekonomian keluarga, jika kamu memiliki adik berharap bisa membantu dalam membiayai sekolahnya, dan berbagai macam tuntutan yang lain. Berbagai macam ekspektasi yang mereka berikan itulah yang kadang membuatmu rentan stres.

5. Sudah saatnya bertanggung jawab terhadap keuangan sendiri

Waktu kuliah kita masih  orangtua yang membiayai dan tidak sungkan untuk meminta uang jajan pada mereka. Namun setelah lulus, sudah saatnya mulai bertanggung jawab terhadap keuangan sendiri. Tidak apa-apa kok meski gaji dari pekerjaan pertamamu nggak seberapa, tapi setidaknya bisa memiliki pemasukan sendiri setiap bulannya.

Namun, jika setelah lulus kamu belum dapat pekerjaan sebisa mungkin jangan menghambur-hamburkan uang orangtua untuk sesuatu yang tidak berguna.