Manfaat Air Beras untuk Kecantikan

Manfaat Air Beras untuk Kecantikan

Manfaat Air Beras untuk Kecantikan

Manfaat Air Beras untuk Kecantikan, – Air bekas cucian beras dinilai banyak orang sebagai bagian dari limbah air kotor. Air cucian beras, merupakan air sisa pencucian beras terakhir sebelum nasi mulai di masak.

Mengetahui hal ini, pastinya kamu penasaran dong, apa sih sebenarnya manfaat air bekas cucian beras untuk kecantikan? Nah, untuk tahu jawabannya, langsung simak pembahasan berikut ini.

1. Menenangkan kulit yang teriritasi

Sebuah studi dalam jurnal Acta Dermato-Venereologica menemukan bahwa pasien dengan dermatitis atopik yang mandi dengan air beras dua kali sehari mengalami peningkatan penyembuhan kulit sebanyak 20 persen. Karenanya, jika kamu mengalami kulit gatal atau teriritasi, cobalah mandi air beras untuk meredakannya. Cukup tambahkan 1-2 cangkir air beras ke bak mandi, lalu rendam dalam waktu lama.

2. Mencegah penuaan

Sebuah studi dalam jurnal Hindawi menunjukkan bahwa air beras yang difermentasi dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Fermentasi air beras juga meningkatkan kolagen di kulit, yang membuat kulit kenyal dan membantu mencegah kerutan.

Dikutip laman http://thedonnellygroup.com, Air beras fermentasi juga tampaknya memiliki sifat tabir surya alami. Penelitian lain dalam jurnal Cosmetics juga menunjukkan bukti kuat bahwa air beras yang difermentasi memiliki manfaat antipenuaan karena sifat antioksidannya.

3. Membuat rambut lebih terawat

Air beras dapat melembutkan rambut sehingga lebih mudah diatur dan tampak lebih sehat. Para perempuan di Tiongkok biasa menggunakan air beras yang difermentasi untuk membuat rambut lebih berkilau, sehat, panjang, dan mudah diatur.

The International Journal of Cosmetic Science yang mempelajari efek air beras Jepang pada rambut menemukan bahwa air beras memiliki manfaat yang signifikan untuk meningkatkan elastisitas dan mengurangi gesekan permukaan.

Setelah keramas dan menggunakan kondisioner seperti biasa, bilas rambut secara menyeluruh dengan bantuan air beras dingin sebagai hasil akhir. Gunakan air beras sebagai bilasan akhir sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

4. Mengatasi kulit kering

Air beras dapat membantu mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium lauryl sulfate (SLS), bahan yang ditemukan di banyak produk perawatan pribadi. Bukti menunjukkan bahwa menggunakan air beras dua kali sehari membantu kulit yang telah kering dan rusak akibat SLS.

5. Mencerahkan kulit

Saat ini, banyak produk perawatan, seperti krim wajah, toner, hingga sabun yang menggunakan beras sebagai salah satu kandungannya. Kandungan air beras ini utamanya ada pada produk perawatan yang bertujuan untuk mencerahkan kulit.

Beberapa bahan kimia di dalam air beras diketahui mampu meringankan pigmen, walaupun belum ada bukti yang menunjukkan seberapa efektif kemampuan air beras dalam mengatasi pigmentasi. Namun, banyak orang yang merasa bahwa air beras memiliki khasiat nyata sebagai pencerah kulit.

Itulah beberapa manfaat air beras untuk kecantikan. Tertarik mencoba membuktikan manfaatnya?