5 Tips Agar Jagung Bakar Bertekstur Juicy, Buktikan Sendiri!

5 Tips Agar Jagung Bakar Bertekstur Juicy, Buktikan Sendiri!

5 Tips Agar Jagung Bakar Bertekstur Juicy, Buktikan Sendiri!

5 Tips Agar Jagung Bakar Bertekstur Juicy, Buktikan Sendiri! – Sebagai kudapan, jagung kerap diolah menjadi jagung rebus dan jagung bakar. Kendati berbahan baku utama yang sama, yakni jagung, akan tetapi jagung bakar menyuguhkan sensasi kelezatan yang tak kalah unik dari jagung rebus.
Namun, tak jarang pula jagung bakar malah bertekstur terlampau kering. Imbasnya, cita rasanya pun menjadi kurang optimal. Nah, berikut tips yang dapat kita coba agar jagung bakar terasa lebih juicy!

1. Pilih jagung manis berkulit, segar, biji besar, usia sedang, serta permukaan halus dan bersih

Pilihlah jagung manis yang lengkap dengan kulitnya, masih segar, permukaan mulus dan bersih, serta memiliki biji-biji yang terbilang besar. Selain itu, usia jagung untuk olahan jagung bakar sebaiknya belum terlalu tua maupun terlampau muda.

2. Jika membakar jagung dengan kulit, pastikan untuk mengamati bagian dalamnya saat dibakar

Usut punya usut, jagung dapat dibakar lengkap dengan kulitnya maupun tanpa kulit. Apabila hendak membakar jagung tanpa melepas kulit, bakarlah sekitar 15 menit, dan pastikan untuk mengintip bagian dalamnya guna memeriksa kematangan dan kadar juicy dari jagung bakar tersebut.

3. Jika membakar jagung tanpa kulit, jangan bakar jagung terlalu lama

Apabila membakar jagung tanpa kulit, maka kupaslah kulitnya secara perlahan untuk memastikan semua kulit tertarik tanpa terlepas dari bonggolnya, lakukan dari bagian bawah menuju pangkal jagung, serta bersihkan rambut jagung yang menempel pada biji-bijinya.
Selanjutnya, bakarlah jagung sekitar 10 menit. Jangan membakar jagung tanpa kulit terlalu lama agar tekstur juicy-nya tak malah semakin hilang.

4. Selain memeriksa kadar juicy, pastikan pula membolak-balik jagung bakar secara berkala.

Melansir dari https://dotdotdot.me/ selain memeriksa kadar juicy dari jagung yang sedang dibakar, pastikan pula untuk membolak-balik jagung secara berkala hingga matang. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kematangan yang merata pada semua sisi jagung tersebut, serta mencegah jagung menjadi gosong akibat panas yang berlebihan pada

salah satu sisinya.

5. Untuk memaksimalkan cita rasa, olesi jagung bakar dengan ragam bahan sesuai selera

Untuk lebih memaksimalkan kesedapan dari jagung bakar, tambahkanlah olesan bumbu sesuai selera. Misalnya, olesi jagung yang sedang terbakar tersebut dengan larutan air garam, mentega, madu, saus BBQ, sambal, hingga kaldu. Apabila sudah matang, angkat dan sajikan. Jagung bakar sedap dengan mantap selagi masih hangat.