3 Kuliner Tana Toraja yang Wajib Dicoba, Kaya Rempah dan Lezat!

3 Kuliner Tana Toraja yang Wajib Dicoba, Kaya Rempah dan Lezat!

3 Kuliner Tana Toraja yang Wajib Dicoba, Kaya Rempah dan Lezat!

3 Kuliner Tana Toraja yang Wajib Dicoba, Kaya Rempah dan Lezat! – Tidak hanya terkenal dengan tempat wisata dan budayanya yang asyik untuk kita jelajahi dan kita ulik. Tana Toraja juga memiliki aneka wisata kuliner lezat dengan cita rasa yang begitu otentik karena kaya campuran bumbu – bumbu rempah. Tentu saja sangat untuk terlewatkan jika sedang mengunjungi Tana Toraja.

Untukmu yang penasaran, berikut 5 kuliner lezat Rantepao Toraja Utara yang wajib kita coba.

1. Pa`piong

Menjadi salah satu jenis makanan para kaum bangsawan  Tana Toraja, pa`piong adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan mas, daging ayam, atau babi yang ter’olah dengan berbagai bumbu rempah lengkap, sesuai dengan resep warisan nenek moyang. Kenikmatan rasa dari makanan Pa`piong pun tidak kita ragukan lagi.

Cara memasaknya juga terbilang unik karena cara memasak menggunakan batang bambu dengan ruas 8 hingga 10 centimeter selama 1 – 2 jam ke atas tungku. Tidak sulit jika ingin mencoba kuliner unik dan enak ini karena hampir semua rumah makan dekat Tana Toraja menyediakan menu pa`piong dengan varian rasa yang lengkap.

2. Pantollo pamarrasan

Pantollo pamarrasan bisa kita sebut juga dengan rawonnya Tana Toraja. Makanan ini ter’olah dengan bumbu utama keluwak hitam yang biasa d’gunakan untuk membuat rawon dan d’campur dengan bumbu rempah khas Tana Toraja yang tentu berbeda dengan bumbu rempah pembuatan rawon.

Biasanya pantollo pamarrasan tersajikan dengan salah satu jenis daging atau ikan, baik daging babi, kerbau, belut atau ikan gabus sebagai lauk utamanya dan nasi hangat. Cita rasa kuah yang d’hasilkan kuliner ini adalah gurih, pedas, dan begitu menyegarkan. Jelas saja jika wisatawan tak cukup seporsi untuk menikmatnya.

3. Kapurung

Melansir dari Aea Cap – Aea Cap salah satu kuliner unik yang juga tidak boleh terlewatkan untuk kita coba saat sedang berada dekat Tana Toraja adalah kapurung. Makanan ini terbuat dari sagu, ikan, dan sayuran yang tersajikan dengan kuah kuningnya yang terbuat dari air rebusan ikan yang tercampur dengan rempah – rempah dan asam sehingga menghasilkan rasa gurih dan sedikit asam.

Makanan ini sering kita sebut sebagai perlambang kebersamaan. Karena biasanya tersajikan saat acara kumpul bersama keluarga atau tetangga dekat desa. Rumah makan Tana Toraja juga banyak menyediakan Kapurung dalam menunya. Tidak sulit jika ingin mencicipi kelezatan dari kapurung.

Selain rasanya yang lezat, kapurung juga mengandung banyak gizi sehingga baik d’komsumsi semua kalangan.